info@example.com +(00) 123-345-11

RUMAH QURAN AL-MUJTABA

SEJARAH

Rumah Quran Al-Mujtaba merupakan lembaga pendidikan Al-Quran yang berorientasi pada pembentukan Keluarga Al-Quran; keluarga yang mencintai Al-Quran, mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar, hafal Al-Quran, memahami isi kandungan Al-Quran, dan senantiasa berupaya untuk mengamalkan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan.

Rumah Quran Al-Mujtaba berdiri pada tanggal 17 Juli 2019. Dirintis oleh sepasang alumni Universitas Al-Azhar Mesir, yaitu Gus Syafa dan Mba Nova. Sejak awal berdirinya, metode yang dipakai Rumah Quran Al-Mujtaba adalah Metode Tabarak ciptaan Syaikh Dr. Kamil Al-Laboudy dari Mesir. Mba Nova talaqqi langsung kepada Syaikh Dr. Kamil Laboudy dan mendapatkan sanad untuk menerapkan metodenya.

Guru pertama yang menyertai Gus Syafa dan Mba Nova dalam merintis Rumah Quran Al-Mujtaba adalah Ustadzah Ila Komalasari dan Ustadzah Fithriah. Kegiatan Rumah Quran Al-Mujtaba berpusat di Taman Kapuk Permai, Blok E, No 78-B, Desa Kedawung, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Santri angkatan pertama berjumlah 12 orang. Setelah 5 bulan pun diwisuda setelah menyelesaikan Level 1, menghafal Juz 30.

Kepercayaan masyarakat semakin meningkat, jumlah santri semakin banyak dan terus bertambah setiap pendaftaran santri baru. Peningkatan jumlah santri sangat drastis pada masa Pandemi Covid-19. Karena sekolah formal libur, sementara Rumah Quran Al-Mujtaba tetap beraktivias dengan protokol kesehatan ketat.

Pada bulan Juli tahun 2021, dibuka Rumah Quran Al-Mujtaba Cabang Sumber. Terletak di Blok Tukgumer, Kelurahan Tukmudal, Kecamatan Sumber. Merespon jumlah santri yang berdomisili di Kecamatan Sumber dan sekitarnya cukup banyak. Alhamdulillah, ada seorang donatur yang menyediakan rumahnya Hak guna pakai untuk digunakan kegiatan Rumah Quran Al-Mujtaba.

Setelah satu Marhalah Tadris selesai, bulan Januari 2022 resmi dibuka Rumah Quran Al-Mujtaba Cabang Arjawinangun, terletak di Desa Bojongkulon, Kecamatan Susukan. Alhamdulillah kembali Allah kirimkan orang baik, yang menyediakan rumahnya untuk dipakai kegiatan Rumah Quran Al-Mujtaba. Semoga Allah membalas kebaikan para donatur yang telah memberikan hartanya dan barangnya untuk syiar Islam melalui Rumah Quran Al-Mujtaba.

Rumah Quran Al-Mujtaba terdaftar di Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, dengan Nomor Statistik Pendidikan Al-Quran (NSPQ): 431232090009. Berdasarkan nomor piagam: 43209200009, tanggal 9 Februari 2021.

VISI

  • Markas Penyiapan Generasi Unggul Berbasis Al-Quran

MISI

  1. Mengimplementasikan pembelajaran Al-Quran yang menyenangkan
  2. Menanamkan kecintaan terhadap Al-Quran
  3. Meningkatkan kualitas interaksi terhadap Al-Quran
  4. Mewujudkan kampung Al-Quran
  5. Menghimpun talent Al-Quran muda berprestasi

KEGIATAN

Diantara kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Quran Al-Mujtaba adalah tentunya kegiatan pembelajaran reguler yang dimulai dari jam 13.00 hingga 15.30 WIB. Sedangkan kegiatan reguler untuk santri dewasa perempuan dilaksanakan secara online, setiap hari setelah Subuh dan Setelah Maghrib. Khusus dewasa laki-laki disediakan program Tahsin Quran, dilaksanakan setiap hari Jumat malam Sabtu setelah shalat Isya’, bertempat di Rumah Quran Al-Mujtaba pusat.

Selain itu, ada kegiatan yang dimaksudkan untuk menunjang proses menghafal dan melatih santri bangun subuh, mempertemukan seluruh santri dari pusat dan cabang, juga santri dewasa, yaitu kegiatan Murajaah Subuh yang dilaksanakan secara online dari jam 05.00 hingga 06.00, setiap hari Sabtu dan Ahad.

Momentum besar untuk memotivasi santri dalam menghafal adalah kegiatan Wisuda Al-Quran, yang dilaksanakan setiap selesai satu Marhalah Tadris. Wisuda Al-Quran diikuti oleh seluruh santri dan juga orangtua santri, untuk silaturrahim dan mempertemukan para kelaurga Al-Quran. Saling belajar satu sama lain dalam mengkondisikan keluarganya dalam bingkai Al-Quran.

Khusus untuk para guru, Rumah Quran Al-Mujtaba menyelenggarakan Majelis Asatidzah, sebagai forum peningkatan guru, memurojaah dan menambah hafalan, mengkaji kitab klasik, dan evaluasi pembelajara dalam satu pekan. Dilaksanakan setiap hari Sabtu pagi jam 09.00 sd. 12.00 di Rumah Quran Al-Mujtaba Pusat.

Rumah Quran Al-Mujtaba juga memberikan fasilitas peningkatan pemahaman Islam bagi para orangtua santri, melalui kegiatan Majelis Orangtua Santri yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Di kegiatan ini selain ada pembekalan bagi orangtua, juga ada sharing session dari orangtua yang telah sukses mengkondisikan anaknya di rumah semangat menghafal Al-Quran.

Sedangkan kegiatan tahunan yang biasa dilaksanakan di bulan Ramadhan, adalah Tahsin Quran khusus dewasa laki-laki, dilaksanakan setiap hari Senin hingga Jumat, setelah shalat Subuh. Diasuh langsung oleh pengasuh Rumah Quran Al-Mujtaba, Gus Syafa.

TARGET HAFALAN

Sesuai dengan manhaj yang tentukan dari Metode Tabarak, bahwa untuk menyelesaikan hafalan Al-Quran, dibagi menjadi 7 level dengan target masing-masing level sebagai berikut:

  1. Level 1 : Juz 30
  2. Level 2 : Juz 29
  3. Level 3 : QS. Al-Baqarah sd. QS. Ali Imran
  4. Level 4 : QS. An-Nisa sd. QS. Al-Anfal
  5. Level 5 : QS. At-Taubah sd. QS. Thaha
  6. Level 6 : QS. Al-Anbiya sd. QS. Fathir
  7. Level 7 : QS. Yasin sd. QS. At-Tahrim

 

Copyright 2022, Mujtaba Team